THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Sabtu, 05 Desember 2009

Hardware

1. HARDWARE

Sebagaimana kita ketahui bahwa komputer adalah serangkaian peralatan elektronik yang tergabung/terpadu dan bekerja secara bermacam-macam serta terkoordinasi oleh suatu sistem operasi.

Seperangkat alat-alat elektronik ini adalah berupa mesin-mesin/komponen-komponen yang secara lahiriah ada dan bisa dilihat, peralatan-peralatan/komponen-komponen inilah yang kita sebut dengan 'COMPUTER HARD-WERE'.

Dari uraian diatas maka Hardware dapat didefinisikan sebagai istilah umum yang digunakan untuk mendeskripsikan semua elemen elektronik dan mekanik dari komputer, bersama dengan peralatan yang digunakan dengan komputer.

Pada umumnya suatu kesatuan peralatan komputer haruslah terdiri minimal oleh 4 komponen yaitu:

- Input device

- Storage unit

- CPU (Central Processing Unit)

- Output device

Akhir-akhir ini kemajuan tekhnologi yang terus berkembang dan kebutuhan orang akan informasi juga bertambah terutama dalam hal kecepatan penyampaian informasi maka diperlukan suatu alat/komponen lain yang bisa menyampaikan data/informasi ke dan dari komputer kepada si pemohon secara cepat pula.

Alat ini kita sebut dengan CCU (Communication Control Unit) yaitu suatu peralatan yang berfungsi untuk memudahkan/memancarkan sinyal-sinyal data/perintah dari suatu tempat ke tempat lain atau dari suatu komputer lain dengan jarak yang jauh sekali.

Dengan adanya alat ini maka umumnya komputer-komputer sekarang inipun selalu melengkapi alat ini sebagai kesatuan sistem komputernya.

Jadi komponen yang membentuk suatu sistem komputer sekarang inipun menjadi 5 komponen yaitu:

- Input device

- Storage Unit

- CPU

- Output

- CCU (Communication Control Unit)

0 komentar: